Pages

Tuesday, October 27, 2009

10 Ide untuk Switch dari Negatif ke Positif

Setiap saat pikiran kita dimasuki banyak sekali informasi. Ada yang berguna, ada yang biasa saja, ada yang membuat kita tertawa geli, tersenyum dan banyak juga yang MEMICU kita untuk berpikir negatif, seperti sedih, jengkel, kecewa dan sebagainya. Bila kita menginginkan kesuksesan, tentu pikiran negative akan menghambat kita mencapai kesuksesan. Karena pikiran negatif tersebut akan memicu pikiran negatif yang lebih banyak lagi. Misalkan kita takut gagal dalam berbisnis, akan memicu pikiran takut banyak hutang. Lebih buruknya pikiran itu memicu tindakan negatif juga, misalkan karena takut gagal dan banyak hutang, lalu mencari cara-cara instant untuk mendapatkan uang. Kemudian muncul pikiran untuk bertidak dengan cara yang tidak terpuji misalkan merampok, mencuri, menipu, korupsi dan lain-lain.

Ketika kita merasa kecewa, sedih dan jengkel, kita secara tidak sadar melakukan gerakan tertentu. Misalkan menundukan kepala, pasang muka cemberut, tampak loyo, dan lain-lain.

Bagaimana mengubah pikiran negatif ke positif? Ide-ide dibawah ini dapat anda praktekkan. Anda juga bisa memodifikasi atau menambahkannya sendiri.

1. Ambil kertas. Tulis atau gambarkan pengalaman yang kurang menyenangkan tersebut. Setelah selesai, berikan gambar-gambar lucu. Bisa gambar bunga-bunga, muka orang tersenyum dan lain-lain. Bagus juga anda gambar dengan spidol atau pena yang berwarna-warni.
2. Putar musik lucu, misalkan lagu Donald bebek, Si Unyil, Doraemon, dan lain-lain. Dengarkan musik tersebut sambil berdiri atau duduk yang tegak memandang agak condong ke atas, busungkan dada dan sambil tersenyum. Lalu coba pikirkan pengalaman negatifnya kalau bisa. Hehehe…
3. Sambil mencoba membayangkan pengalaman negatif, nyanyikan lagu gembira.
4. Gosok gigi. Imajinasikan pengalaman buruk itu digosok-gosok oleh sikat gigi dan dibersihkan oleh pasta gigi. Lalu berkumur-kumur sambil membayangkan pikiran negatif itu terbanting-banting dimulut kita. Lalu dengan sekuat tenaga semburkan air kumur itu keluar. Byuuur!!!
5. Ini yang paling simpel. Tarik nafas yang dalam sambil membayangkan energy positif masuk dalam diri kita dan membersihkan energy negatif. Lalu buang lewat mulut, sambil membayangkan energy negatif keluar dari diri kita.
6. Bila kita jengkel sama seseorang, bayangkan wajahnya. Lalu dipigura. Lalu goyang-goyangkan gambarnya. Asyik lagi dengan sambil menyanyikan lagu yang lucu. Bayangkan orang tersebut berjoget dengan lucunya. Lakukan terus sampai anda tertawa terbahak-bahak.
7. Buang air besar atau kecil. Sambil membayangkan atau mengucapkan kata-kata “buang sial”, “buang kesedihan”, “buang kekecewaan”, dan lain-lain.
8. Masih jengkel sama orang yang bikin kita sebel, kesel atau marah. Bayangkan wajahnya. Beri rona merah di pipinya. Bayangkan bibirnya mancung ke depan. Sampai kira-kira 30cm dari bibir normal. Lalu suruh dia menyanyi lagu anak-anak, misalkan “balonku”, “lihat kebunku”, dan lain-lain. Anda boleh tertawa terbahak-bahak.
9. Ambil sebuan balon. Bermain-mainlah dengan balon itu sambil membayangkan wajah atau pikiran negatifnya. Anda bisa memantul-mantulkannya ke atas.
10. Bila pikiran kita serasa penuh atau overload. Mandi lalu keramas. Dan bayangkan pikiran anda disegarkan oleh air.

Silakan ide-ide ini dipraktekkan. Anda bisa memodifikasinya sendiri. Saya tunggu ide-ide gila dari anda.

Mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ronny F. Ronodirdjo atas ilmu NLP yang dibagikan secara gratis di 7 Days Licensed NLP Practitioner, Pak Krishnamurti atas artikel-artikelnya di Portal NLP, rekan-rekan presiden republik NLP. Anda semua adalah inspirasi buat saya.

No comments:

Post a Comment