Pages

Sunday, April 18, 2010

Mengenali NLP

Pertama kali saya mengetahui kata “NLP” ketika saya membaca buku “Unlimited Power” karya Anthony Robin 5 tahun lalu. Yang bagi saya, dia adalah seorang NLP'er yang seperti para pakar NLP lainnya telah mengembangkan NLP dengan sangat luar biasa. Saya mendapati buku tersebut ketika berkunjung ke tempat tinggal kawan saya, di Jogja.
Karena bacanya juga sambil ngobrol sama kawan SAYA tersebut, yang nyantol dari buku tersebut juga ga banyak-banyak. Hehehe... yang nyantol adalah NLP tuh ilmu hebat yang BISA bikin manusia punya motivasi dan kekuatan luar biasa. Busyet....!!! emangnya NLP itu sabuknya Ksatria Baja Hitam (tontonan saya ketika masih SD) yang bisa bikin Kotaro Minami berubah jadi Manusia belalang berkekuatan super? Hahaha.... kalo emang gitu, saya ga bakalan mau belajar NLP. Meskipun punya kekuatan super, jadi manusia belalang ga ada enaknya. Handphone aja udah canggih masa saya masih pake antena. Juga motor saya bisa dipanggil belalang tempur lagi. Hehehe....

Awal tahun ini saya bertemu kawan lama, yang berprofesi sebagai trainer. Dia memperkenalkan lagi pada NLP. Beliau sungguh merasakan perubahan besar dalam hidup. Kata-katanya yang selalu saya ketika beliau menceritakan kesannya mengenai pelatihan NLP selama 7 hari adalah, “Mengikuti pelatihan NLP seperti dilahirkan kembali”. Hah??? gimana ceritanya tuh? Saya nggak begitu ngerti ketika beliau mengatakan demikian. Langsung telen aja. Malah bikin saya penasaran, emangnya diapain sih kok kesannya sampai dalem banget kayak gitu. Saya juga dong, kepengen merasakan rasanya dilahirin kembali. Dan akhirnya saya memutuskan mengikuti pelatihan NLP. Makasih buat Mbak Ivon yang memperkenalkan kembali NLP kepada saya.

Akhirnya bulan Juli 2009 yang saya tunggu-tunggu datang juga. Tepatnya tanggal 10 Juli 2009. Saya datang ke Surabaya dan menginap di rumah saudara sepupu saya. Biar ngirit. Hehehe... Pada hari pertama saya mempersiapkan diri dengan cara, bawa laptop, buku-buku NLP, pulpen sebanyak 5 buah dan buku catatan (notes) 3 buah. Dalam pikiran saya adalah saya akan belajar pada seorang trainer yang hebat bersama peserta lain yang udah banyak ngerti tentang NLP. Dan saya harus belajar banyak. Jadi persiapannya juga harus matang. Kalo bisa buku notesnya dibanyakin. Pulpen juga harus banyak, biar kalau ada pulpen yang mati langsung ada gantinya.

Ternyata pertama.....

Sampai di Hotel Bumi Surabaya, saya dapet tas beserta 2 modul tebel (NLP dan Hypnosis/therapy). Tambah lagi karena saya dianter saudara saya pake motor, maka sayapun harus nenteng helm masuk ke ruang training. Pulangnya jelas sekali saya bawa banyak barang.

Ternyata kedua.....

Pelatihannya emang dahsyat. Trainernya Rock n Roll!!! (walaupun beliaunya ngga nyanyi pas training. Hehehehe....). Pesertanya Metal abis! Sebagai paling muda saya belajar banyak dari mereka.

Ternyata ketiga.....

Trainernya sungguh rendah hati. Apalagi dia manggil saya dengan panggilan “Ceklex”. Rasanya kayak temen yang manggil. Sungguh luar biasa sekali, Pak Ronny F. Ronodirdjo membawa serasa bersama kawan-kawan saya. Ketika beliau memanggil saya dengan menyebut nama “Ceklex”, hampir saya jawab, “Hoi!!! Piye kabare lik?”. Hahaha...

Ternyata keempat.....

Yang kata temen saya training NLP bikin perubahan luar biasa pada diri ternyata saya tidak merasakan perubahan apa-apa. Ketika kembali ke Ngawi, saya sempet ditanya sama ibu saya, “Gimana pelatihannya? Dapet apa?”. Saya sempet bingung jawabnya. Saya jawab asal aja waktu itu, “Bu, sekarang anakmu ini udah bisa menghypnosis orang kayak di tv-tv itu lho”. Sekarang tiap pulang ke Ngawi, saudara saya mengenal saya sebagai tukang hypnosis. Saya sendiri tidak merasakan perubahan besar dalam diri saya.
Lama-lama penasaran juga. Ngapain bayar mahal-mahal sampai ke Surabaya kalau tetep aja kayak yang dulu. Makin besar rasa penasaran saya. Saya mencari tahu apa yang hilang. Apa yang terlewatkan oleh saya pada pelatihan itu. Masa udah jadi praktisi NLP yang berlisensi langsung dari pencipta NLP, Dr. Richard Bandler, nggak ada bedanya sama yang dulu.
Sesampainya di Jogja saya mulai diajak oleh temen saya buat bikin training with NLP. Itung-itung buat bisnis, kata kawan saya. Akhirnya muncul pemikiran baru, “emang NLP tuh idealnya buat jadi trainer ya?”. Hehehe... habisnya banyak juga yang jadi trainer setelah menyandang gelar “Licensed Practitioner of NLPTM”. Namun orientasi uang bukan sesuatu yang begitu penting buat saya. Justru rasanya saya ingin berbagi secara gratis dan seluas-luasnya mengenai NLP.
Rasa penasaran saya belum hilang. Begitu saya sampai di Jogja saya ikut pelatihan yang “with NLP” untuk refreshment. Membuka lagi artikel-artikel para pakar NLP dan Hypnotherapy di portalNLP.com. Membuka lagi buku-buku NLP saya. Mencari tahu perubahan apa yang telah terjadi dalam diri saya. Dan ketika membaca lagi artikel-artikel dan buku-buku tersebut....
Eh.... rasanya ada yang beda....
Hm.... baca tentang NLP jadi lebih gampang ngerti ya sekarang. Ya iyalah... masa udah di training selama 7 hari full nggak ngerti-ngerti??

Ternyata....

inilah yang saya dapatkan. Perubahan yang membuat saya terus ingin berubah. Karena rasa penasaran itu nggak kunjung padam, bahkan bertambah membara. Tambah satu ngerti,tambah pengen tahu yang lain. Setelah tambah ngerti, pengen ngulang lagi. Dan selalu ingin berada di state nggak ngerti apa-apa. Jadi pengen nanya terus. Pengen baca terus.

Sungguh luar biasa pelatihan NLP Practitioner bersama Ronny F. R. unconscious installationnya emang mantaff. Sebuah perubahan yang yang secara perlahan terinstal, menyusup seperti virus Trojan Horse yang baru ketahuan ketika sudah di dalam. Namun justru virus ini adalah virus yang memberdayakan saya dari waktu ke waktu untuk terus belajar dan belajar.

No comments:

Post a Comment